Tips Merawat Traktor Tangan Agar Awet Dan Menguntungkan



Traktor adalah alat bantu pertanian yang mutlak bagi petani. Traktor adalah kendaraan yang berdesain spesifik untuk kebutuhan daya tarik (fraksi) tinggi berkecepatan rendah. Pada traktor kebanyakan dipasangkan alat bantu pengolahan lahan pertanian, seperti aneka tipe bajak.

Keberadaan alat ini amat dibutuhkan pas ini, bahkan di sedang gencarnya program kementrian pertanian untuk menambah luas areal sawah untuk peningkatan produksi. Meski sebagian petani telah mampu menyediakan mandiri peralatan ini, tapi banyak di antaranya yang masih tidak cukup mencermati perawatan dan pemeliharaan banyak ragam suku cadangnya. Ketidaktahuan inilah yang mengakibatkan banyak suasana traktor di lapangan tidak cukup terawat atau jadi ngongkrok rusak tak berguna.

Berikut adalah sebagian kontrol rutin yang perlu petani/operator traktor jalankan untuk merawat dan pelihara traktor sehingga awet dang untung :

Mur dan Baut (umur kerja : 25 jam)
Sebelum dan setelah pemakaian traktor mur-baut dan pengikat lain perlu diperiksa. JIka dibiarkan kendur bakal berakibat bagian-bagian traktor terlepas atau patah, atau mengundang kerusakan yang lebih berat.

V-belt (umur kerja : 25 jam)
Ketegangan v-belt perlu tepat. Belt yang dipakai cukup lama bakal mengembang dan berakibat kendur, yang bakal mengakibatkan terjadinya slip. Belt yang amat kencang bakal enteng rusak dan putaran mesin menjadi terhambat.

Bahan bakar
Tangki perlu terisi cukup bahan bakar, gara-gara tangki kosong bakal mengakibatkan masuknya udara ke saluran bahan bakar, sehingga traktor bakal sukar dihidupkan. Pada pas traktor di simpan sebaiknya jangan biarkan tangki kosong, gara-gara hal ini bakal mengakibatkan terjadinya pengembunan. Embun yang banyak akna berakumulasi di dalam tangki, kalau masuk di dalam ruang pembakaran maka bakal menyebabkan kerusakan motor.

Lihat Juga : Jual Ban Traktor

Pemeriksaan bahan bakar mampu dilihat berasal dari selang penduga yang ada di samping tangki bahan bakar.

Saringan bahan bakar

Traktor biasa bekerja di lahan yang penuh debu, yang mengakibatkan saringan menterap udara yang kotor. Kondisi saringan udara di di dalam traktor perlu berada di dalam suasana yang baik, sehingga sistem penyaringan udara sempurna.

Buka dan bersihkanlah saringan udara secara berkala. Bahan-bakar yang masuk kedalam ruang pembakaran perlu nyata-nyata bersih. Bahan bakar yang kotor bakal menyumbat lubang nozel. Kotoran yang mengendap kebanyakan dicek terhadap mangkuk gelas. Untuk memeriksa elemen saringan, kran bahan bakar perlu ditutup terutama dahulu, sebelum akan terhubung mangkuk gelas.

Sistem Pendingin

Biasanya motor traktor memakai sistem pendingin air sebagai pendingin, baik tipe radiator maupun kondesor. Periksa keberadaan air dan kebersihan ram radiator.

Tuas Kendali/kontrol

Seluruh tuas kendali/kontrol perlu beroperasi bersama baik. Dengan beroperasinya tuas kontrol bersama baik, operator mampu mengoperasikan bersama baik pula. Ada sebagian tuas kontrol yang mampu diatur gerak bebasnya, seperti: kopling utama, rem, kopling kemudi, dan gas.

Tekanan ban

Tekanan ban perlu standart (16,5 psi). Tidak boleh amat keras atau kempes. Tekanan ke-2 ban juga perlu sama.

Pelumasan

Bagian-bagian yang bergesekan, perlu diberi pelumas, sehingga tidak timbul gesekan dan panas. Ada sebagian anggota berasal dari traktor tangan yang perlu dilumasi, yaitu : anggota di dalam motor. Oli motor ditampung di dalam karter, dan mampu dicek bersama tongkat penduga. Cukup tidaknya dan kotor tidaknya oli perlu diperiksa. Gigi transmisi. Sama bersama oli motor, oli gigi transmisi juga perlu diperiksa.

Kabel kopling kemudi. Periksa suasana kawat yang ada terhadap kabel kopling, jangan sampai kering atau bahkan berkarat. Agar tidak berkarat dan lengket perlu dilumasi bersama oli SAE 30/40 Bagian lain berasal dari traktor yang bergesekan, seperti jari kopling dan cam/pengait kopling utama. Untuk menghindar keausan, perlu dilumasi bersama oli SAE 30/40.

Implemen

Implemen yang bakal dioperasikan perlu nyata-nyata siap. Kelengkapan implemen perlu diperiksa. Implemen yang bergerak, perlu diberi pelumas.

Peralatan tangan

Peralatan tangan yang kerap dipakai, terutama yang digunakan untuk mengoperasikan implemen, perlu dibawa. Beberapa tipe traktor tangan disempurnakan bersama bagasi daerah peralatan tangan tersebut. Tempat peralatan kebanyakan dibagian atas traktor.

0 Response to "Tips Merawat Traktor Tangan Agar Awet Dan Menguntungkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel