Cara Menulis Skrip




1. Buatlah halaman judul. Skrip Anda akan membutuhkan halaman judul. Hal ini termasuk judul dan nama Anda, tapi termasuk juga informasi kontak dan informasi agen (jika Anda memiliki agen).

2. Gunakan jenis huruf, batas tepi dan pemisahan halaman atau bagian (break) yang benar. Anda dapat menggunakan jenis huruf Courier (ukuran 12) ketika menulis skrip. Jenis huruf ini tidak hanya akan membuat tampilan yang lebih profesional namun juga penting untuk membuat skrip lebih mudah dibaca. Demikian juga, sebaiknya Anda memakai indentasi yang benar untuk setiap bagian skrip, karena akan membantu pembaca dalam membedakan antara dialog, penjabaran adegan, dan lain-lain.

3. Berikan detail yang baik tentang keadaan dan para tokohnya. Gunakan keterangan yang menjelaskan berbagai hal dengan lebih detail mengenai suatu adegan sebelum adegan tersebut dimulai. Keterangan ini menyatakan apakah adegan tersebut dilakukan di dalam atau di luar ruangan, di mana lokasinya, dan apakah dilakukan pada siang atau malam hari. Nama tokoh harus ditulis dalam huruf besar semua di atas atau di samping dialog mereka (tergantung pada jenis skrip Anda). Anda juga dapat memberikan instruksi, seperti jeda, dalam tanda kurung.

Lihat Juga : Nonton Film Online

4. Gunakan pemformatan yang benar untuk cara atau penyajian yang Anda inginkan. Jika Anda ingin menulis skrip film, maka Anda harus menulis skrip dalam format tersebut. Jika Anda ingin menulis skrip untuk pertunjukan, maka Anda harus menulis skrip dalam format tersebut juga. Meskipun penulisan skrip-skrip tersebut sebagian besar mirip, tapi ada beberapa perbedaan dan untuk mempelajari semuanya itu membutuhkan waktu yang lama. Bacalah berbagai skrip sesuai jalur sasaran Anda untuk mengetahui bagaimana para profesional melakukannya.

5. Pastikan Anda tidak menulis terlalu banyak. Skrip biasanya hanya berlangsung sekitar satu menit setiap halaman, meskipun tentunya ada kelonggaran untuk penyesuaian. Skrip tidak seperti buku di mana jumlah kata-kata berpengaruh, yang merupakan cara yang pasti untuk mengukur panjangnya.

0 Response to "Cara Menulis Skrip"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel